SCV (suction control valve) merupakan katup yang mengontrol penyuplaian bahan bakar yang bertekanan tinggi dari supply pump ke pipa common rail.
SCV dipasang di bagian belakang supply pump dan Hannya digunakan pada mobil dengan mesin diesel common rail, khususnya tipe HP3 dengan supply pump.
SCV ini berbentuk solenoid valve yang bagian dalamnya dilengkapi dengan sebuah kumparan dan inti besi. Bila diberikan tegangan akan menghasilkan Medan magnet, terdapat juga armature didalam SCV yang terhubung langsung dengan katup. Saat SCV menerima arus listrik dari ECU, armature akan bergerak secara otomatis dan membuka katup.
SCV berfungsi mengatur volume bahan bakar dari feed pump menuju plunger, Dengan begitu tekanan bahan bakar yang disuplai oleh supply pump bisa tetap stabil menuju common rail pipe dan sesuai dengan kebutuhan mesin.
SCV bekerja berdasarkan signal yg diberikan oleh ECU. Tepatnya, SCV bekerja dalam siklus tugas yang diatur oleh sinyal output dari ECU. Sinyal tersebut berbentuk gelombang frekuensi yang mengalir dengan tetap. Nilai dari gelombang sinyal yang dikirimkan ECU tersebut memengaruhi seberapa besar katup SCV terbuka.
Semakin tinggi nilai frekuensi gelombang, maka arus listrik yang diterima armature pada SCV pun semakin turun sehingga katup hanya terbuka sedikit. Sebaliknya, saat nilai frekuensi gelombang menurun, maka arus listrik yang diterima armature pada SCV akan semakin naik dan katup pun terbuka lebih lebar.
Semakin tinggi nilai frekuensi gelombang, maka arus listrik yang diterima armature pada SCV pun semakin turun sehingga katup hanya terbuka sedikit. Sebaliknya, saat nilai frekuensi gelombang menurun, maka arus listrik yang diterima armature pada SCV akan semakin naik dan katup pun terbuka lebih lebar.
SCV dan supply pump
Lalu, bagaimana SCV bekerja pada rangkaian supply pump? Dalam rangkaian supply pump, SCV adalah komponen yang terhubung langsung dengan feed pump. SCV menerima bahan bakar dari discharge port yang merupakan saluran keluar feed pump. Sebagian lain bahan bakar yang tidak masuk ke SCV akan diterima oleh komponen plunger. Barulah kemudian bahan bakar diteruskan ke pump unit.
Selain SCV, supply pump pada mesin diesel tipe HP3 juga tersusun atas komponen-komponen lain. Beberapa di antaranya adalah feed pump, pump unit (terdiri dari eccentric cam, ring cam, dan plunger), delivery valve, dan fuel temperature sensor. Sama seperti SCV, fuel temperature sensor pun bekerja dengan mengikuti sinyal perintah dari ECU.
Selain SCV, supply pump pada mesin diesel tipe HP3 juga tersusun atas komponen-komponen lain. Beberapa di antaranya adalah feed pump, pump unit (terdiri dari eccentric cam, ring cam, dan plunger), delivery valve, dan fuel temperature sensor. Sama seperti SCV, fuel temperature sensor pun bekerja dengan mengikuti sinyal perintah dari ECU.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar