Kamis, 12 Januari 2012

ELEKTRONIC FUEL INJECTION ( EFI)


Sistem EFI merupakan suatu sistem yang menyupali bahan bakar dengan model di injeksi

keruang bakar dengan menggunakan berbagai sensor untuk mendeteksi kondisi mesin dan   

kondisi pengendaraan mobil. Selanjutnya ECU mesin akan mengkalkulasi volume

penyemperotan bahan bakar optimal, yang kemudian memerintahkan injektor untuk   

menyemprotkan bahan bakarGambar berikut menunjukkan konfigurasi dasar EFI. ECU  

mesin Bagian ini mengkalkulasikan durasi injeksi bahan bakar optimal berdasarkan sinyal  

dari sensor.  Air flow meter atau manifold pressure sensorTugasnya mendeteksi massa  

udara intake atau tekanan manifold.  Crankshaft position sensorUntuk mendeteksi sudut  

cranksahft dan putaran mesinCamshaft position sensorIni mendeteksi sudut standar 

camshaft dan timing camshaft.  Water temperature sensorIni mendeteksi suhu pendingin   

Throttle position sensorIni mendeteksi sudut bukaan throttle valve.  Oxygen sensorIni  

mendeteksi konsentrasi oksigen dalam gas buang
 
Sistem EFI memiliki beberapa tipe menurut cara pengontrolan nya
1.Analog
2.Full kontrol ECU atau TCCS

Tipe EFI menurut pendeteksian udara untuk menentukan durasi dan timing injeksi dibagi ke beberapa tipe
A.Tipe D (drunk.bhs jerman,tekanan)
B.Tipe L (luft .bhs jerman,Aliran )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara scan manual dan kode kerusakan mesin K3-VE Avanza/Xenia

ECU memiliki fungsi khusus bila terjadi kerusakan pada sistem engine kontrolnya, didalam ECU dibangun sebuah sistem SELF DIAGNOSTIC ya...