Kamis, 12 Januari 2012

PROGRAM PELATIHAN OTOMOTIF ,INDOAUTO BERSAMA SMK

LATAR BELAKANG
Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam bidang otomotif pada saat sekarang ini sangat berkembang dengan pesat. Banyak lembaga-lembaga pendidikan maupun lembaga non pendidikan/dunia industri/perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, yang tenaga terdidiknya kurang menyesuaikan bakat /skill nya seiring dengan perkembangannya.Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang tujuannya adalah menyiapkan peserta didik sebagai tenaga kerja yang terdidik, terampil dan profesional serta mampu mengembangkan dirI sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Untuk mencapai tujuan tersebut, penyelenggaraan pendidikan harus dilakukan dengan sistem pola ganda, yaitu menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dengan cara memadukan antara pembekalan aspek-aspek dari sekolah dengan aspek-aspek serta spesialisasi yang ada di industri/perusahaan. Banyak alasan kenapa perlunya keterlibatan industri/perusahaan pada proses kegiatan belajar/mengajar pada SMK. Salah satu alasannya adalah sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa perkembangan teknologi yang cepat menuntut adanya perkembangan kompetensi yang lebih baik dibidangnya Melalui Program Pelatihan (Training) Otomotif ini diharapkan merupakan salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah dalam menyelenggarakan  pendidikan, sehingga mampu menghasilkan siswa tamatan yang memiliki keahlian profesional dibidang otomotif.

TUJUAN PELATIHAN
Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini antara lain :
  • Meningkatkan,mencapai/memenuhi kualifikasi serta menambah wawasa siswa sesuai dengen bidangnya .
  • Meningkatkan ketrampilan siswa untuk semakin professional dalam bidang otomotif,sehingga mempunyai skill yang cukup untuk memasuki dunia industri. 
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengalaman kerja di Industri/perusahaan sebagai bagian dari upaya peningkatan mutu dan relevansi tamatan SMK.  
  • Memperoleh jaringan kerjasama yang saling menguntungkan antara pendidikan kejuruan dengan industri/perusahaan.  Meningkatkan kepedulian dan peran aktif dunia usaha/industri/perusahaan, dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan kejuruan.  
TEMPAT PELAKSANAAN
Tempat pelaksanaan pelatihan ini dapat dilakukan di SMK setempat atau di Industri/perusahaan(CV.INDOAUTO)*

JADWAL PELATIHAN TRAINING
* Disesuaikan.

MATERI PELATIHAN
Siswa akan diberikan buku panduan untuk praktikum dengan komposisi pelatihan meliputi 30% Teori dan 70% praktek,Adapaun materi pelatihan ,antara lain :
       Kelas 1 dan 2
  • Dasar-dasar kelistrikan mobil
  • Sistem Rem
  • Sistem pemindah daya ( kopling,transmisi.propeller shaft,digfferential/gardan,axle hub depan dan belakang.)
  • Mesin bensin
      Kelas 3
  • Sistem suspensi
  • Sistem kemudi (manual steering +power steering)
  • Kelistrikan Body
  • Kelistrikan mesin
  • Sistem EFI
BIAYA PELATIHAN
*Terlampir


CV.INDOAUTO merupakan sebuah jenis usaha yang bergerak di bidang otomotif dengan jenis usaha yang dijalankan, meliputi :
  • Service,perawatan dan perbaikan untuk semua kelas jenis mobil (karburator & injeksi )   dengan mengambil specialist tersendiri yaitu produk TOYOTA.
  • Penjualan spare part /suku cadang.
  • Menerima uji kompetensi untuk SMK sesuai standart industri (dealer)
  • Melayani Pelatihan Otomotif untuk segala kalangan.(siswa,mahasiswa serta umum)
PENUTUP.
Baik secara langsung maupun tidak langsung ada banyak hal yang dapat di peroleh dari penyelenggaraan program pelatihan ini.Penyelenggara program pelatihan ini perlu adayan peran aktif dan kreatif dari semua pihak terutama dari seluruh komponen sekolah dan dewan sekolah.
Dengan dapat kita selenggarakan progrm pelatihan ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam meningkatkan kualitas tamatan (lulusan) nya sebagai modal awal memasuki dunia kerja .
INDOAUTO BANDUNG
JL.PETA 41 Bandung
TERIMA KASIH





2 komentar:

  1. kami smkn 1 kandanghaur indramayu, tertarik dengan program ini, bagaimna dengan prosedur pengajuannya?

    BalasHapus
  2. Stainless Steel Rods - Titanium Spaghetti - The Art of the Tilt
    Stainless Steel Rods: The Art of the titanium earrings studs Tilt, with great vintage taste, titanium anodizing all in titanium shift knob one place. Each piece of our everquest titanium stainless titanium max trimmer steel rods can be used to add

    BalasHapus

Cara scan manual dan kode kerusakan mesin K3-VE Avanza/Xenia

ECU memiliki fungsi khusus bila terjadi kerusakan pada sistem engine kontrolnya, didalam ECU dibangun sebuah sistem SELF DIAGNOSTIC ya...