Jumat, 13 Januari 2012

HONDA CRV

Merk : Honda
Model : CR-V 3rd Gen (RE3)
Transmisi : 6MT (2.0L) & 5AT(2.0L & 2.4L)
Tahun Pembuatan : 2007
Harga Baru (pada saat punya/tes) : 298jt(2.4L, 2007)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan) : 314jt

Spesifikasi Kendaraan :
R20A 1.998cc i-VTEC SOHC 150 bhp FF PW PS ABS EBD BA
K24Z 2.354cc i-VTEC DOHC 168 bhp FF PW PS ABS EBD BA VSA*

*only available in the 2010 facelift model

Ulasan :
Honda CR-V adalah SUV yang cukup fenomenal, sejak awal kemunculannya pada tahun 2001, penjualannya terus meningkat. Dan tentu, semakin tinggi pohonnya, semakin kencang pula anginnya, seiring berjalannya waktu, CR-V mendapat banyak tantangan, mulai dari awal kemunculan Nissan X-Trail generasi pertama di tahun 2003, hingga sekarang bermunculan rival2 seperti Suzuki Grand Vitara, Chevrolet Captiva, Ford Escape, dll. Karena itu, pada pada generasi ketiga, CR-V banyak melakukan pembenahan.

Menilik dari desain eksterior, cukup unik, tidak seperti SUV pada umumnya yang boxy(mengotak), CR-V justru cenderung rounded(membulat), namun dipadu dengan garis-garis tajam, desain rounded ini tidak lantas membuatnya kehilangan aura gagah. Ia justru tampak semakin gagah dan maskulin dengan desain rounded.

Bagaimana dengan mesinnya? Tipikal mesin Honda, agak loyo di putaran bawah, namun kuat di putaran atas. Namun bagi saya, tenaganya sudah cukup untuk cruising di dalam kota maupun luar kota. Transmisi 5AT dengan Grade Logic Control memberikan respon yang cukup halus, meskipun belum sehalus CVT pada Nissan X-Trail (T31). Tenaganya sangat terasa pada putaran atas. Ditambah, suspensi yang agak keras membuatnya stabil di kecepatan tinggi, meskipun agak berdampak pada kurang nyamannya bantingan mobil ini pada jalan bergelombang. Urusan konsumsi BBM, ia agak boros, seliter pertamax bisa menempuh jarak 7 KM di dalam kota, diluar kota, 12 KM. Tapi bukan masalah bagi anda bukan? Bisa beli SUV 2.400cc >300jt kok masih mikirin bensin, malu sama tetangga .

Tentang kenyamanan, sudah dijelaskan sebelumnya, karakter suspensi yang keras membuat bantingannya kurang nyaman di jalan bergelombang. Namun kelemahan ini tertutup berkat legroom lapang di baris kedua.

Positif :
- tenaga responsif pada putaran atas
- legroom lapang
- handling mantap untuk mobil sekelasnya
- sudah ada VSA, head unit TV touchscreen, driver electric seat pada versi facelift 2010, tipe 2.4L

Negatif :
- tenaga di putaran bawah
- bantingan agak keras
- BBM agak boros.
- harga tinggi

Ringkasan :
SUV dengan pengendalian rasa sedan, itulah yang ditonjolkan oleh CR-V generasi ketiga. Meskipun anda tidak bisa berharap banyak pada kenyamanannya, overall, ini adalah mobil yang cukup bagus untuk menemani aktivitas keluarga anda.

Pendapat Pribadi (Subjective) :
Varian tertinggi, 2.4L A/T adalah varian yang paling value for money dari segala aspek, jika anda ingin membelinya dalam kondisi baru. Ditambah, CR-V generasi ketiga yang dijual oleh HPM sekarang sudah mengalami facelift dan mendapat penambahan banyak fitur. Bagaimana tidak? Dengan penambahan harga "hanya" sekitar 6juta dari model pra-facelift(yang bagi saya fiturnya terlalu minim), anda sudah mendapatkan VSA, HU touch screen, electric seat adjuster pada pengemudi, dan desain yang lebih segar plus beberapa fitur unggulan lainnya. Memang, segala keunggulan ini harus ditebus dengan harga yang jauh diatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara scan manual dan kode kerusakan mesin K3-VE Avanza/Xenia

ECU memiliki fungsi khusus bila terjadi kerusakan pada sistem engine kontrolnya, didalam ECU dibangun sebuah sistem SELF DIAGNOSTIC ya...